Social Icons


Selasa, 03 Desember 2013

MANFAAT BLOG UNTUK PEMBELAJARAN


Manfaat e-learning juga dapat dilihat dari 2 sudut pandang :  

A. Manfaat bagi Siswa

Dengan kegiatan e-Learning dimungkinkan berkembangnya fleksibilitas belajar yang tinggi. Artinya, kita dapat mengakses bahan-bahan belajar setiap saat dan berulang-ulang. Selain itu kita juga dapat berkomunikasi dengan guru/dosen setiap saat, misalnya melalui chatting dan email. Mengingat sumber belajar yang sudah dikemas secara elektronik dan tersedia untuk diakses melalui internet, maka kita dapat melakukan interaksi dengan sumber belajar ini kapan saja dan dari mana saja, juga tugas-tugas pekerjaan rumah dapat diserahkan kepada guru/dosen begitu selesai dikerjakan.


B. Manfaat bagi Pengajar

Dengan adanya kegiatan e-Learning manfaat yang diperoleh guru/dosen antara lain adalah bahwa guru/dosen/ instruktur akan lebih mudah melakukan pembaruan materi maupun model pengajaran sesuai dengan tuntutan perkembangan keilmuan yang terjadi, juga dapat dengan efisien mengontrol kegiatan belajar siswanya.

Pengalaman negara lain dan juga pengalaman distance learning di Indonesia ternyata menunjukkan sukses yang signifikan, antara lain:
     a. mampu meningkatkan pemerataan pendidikan
     b. mengurangi angka putus sekolah atau putus kuliah atau putus sekolah
     c. meningkatkan prestasi belajar
     d. meningkatkan kehadiran siswa di kelas
     e. meningkatkan rasa percaya diri
     f. meningkatkan wawasan (outward looking)
     g. mengatasi kekurangan tenaga pendidikan, Serta
     h. meningkatkan efisiensi.


Untuk sementara ini silahkan mengakses berbagai berbagai materi e-learning yang ada di Internet, contohnya adalah: http://ocw.mit.edu & http://www.ilmukomputer.com.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Pengikut Blog

Gudangnya Smart Phone